6 Point Penting Strategi Content Marketing untuk Brand dan Bisnis
Poin Penting Strategi Konten Marketing - Dalam usaha digital, konten pemasaran adalah poin utama yang
jangan lepas dari perhatian kita. Kenapa demikian? Apa sebetulnya konten
pemasaran itu?
Bagaimana pemakaian konten pemasaran yang luar biasa dapat
menolong seorang dalam meningkatkan usaha mereka? Diringkas dari beragam sumber
dapat dipercaya, artikel ini akan mengulas selengkapnya mengenai dasar- dasar
konten pemasaran dan segala hal yang penting Anda kenali mengenai konten
pemasaran.
Konten Pemasaran, Nyawa Digital Pemasaran
Tanpa ketahui apakah itu konten pemasaran, Anda sebetulnya
telah menyaksikan konten pemasaran dimana- mana. Misalkan saja di program,
subscriptions, e-book, spanduk iklan digital, dan lain-lain.
Dapat disebut, konten pemasaran ialah nyawa dari sebuah
kampanye promosi yang sudah dilakukan oleh beragam tipe dan ukuran usaha, baik
itu usaha kecil, menengah, atau besar. Khususnya untuk Anda yang masuk ke usaha
digital, konten pemasaran adalah akar penting yang harus Anda dalami.
Untuk menjawab rasa ingin ketahui Anda, berikut ialah beberapa
pertanyaan yang kerap ada berkaitan konten pemasaran.
Apakah itu Konten Pemasaran?
Konten pemasaran ialah tehnik marketing dalam membuat dan
membagikan content yan gbernilai, berkaitan, dan stabil untuk mengundang
perhatian audience yang ditarget. Goal intinya ialah membawa konsumen untuk
bertindak yang memberikan keuntungan merek atau perusahaan.
Apa yang Bukan Sisi dari Konten Pemasaran?
Beberapa ada yang berasumsi jika konten pemasaran terhitung
sisi dari iklan tradisionil. Tetapi kenyataannya, anggapan ini salah besar.
Konten pemasaran bukan sisi dari iklan tradisionil yang
hendak mengusik audience Anda, apa lagi minta mereka untuk beli. Tetapi, Anda
dapat menyatukan konten pemasaran dengan marketing tradisionil sebagai rekanan
kerja.
Pemakaian konten pemasaran akan menolong audience Anda untuk
manfaatkan media website, sosial media, dan alat- alat lain sebagai anjuran
untuk membagikan pesan Anda.
Penyatuan konten pemasaran langkah baru dan langkah lama
yang bekerja secara bersama-sama bisa membuat perkembangan dan menyambungkan
audience Anda ke sales funnel Anda. Ini akan membuat taktik marketing Anda
makin kuat dan kuat.
Bagaimana Bila Saya Tidak Ingin Jadi Konten Marketing? Apa itu Sebuah
Kewajiban?
Tidak, Anda tidak harus menginvestasikan energi dan waktu
Anda ke taktik konten pemasaran.
Tetapi, benar-benar sayang bila Anda meremehkan kekuatan
konten pemasaran yang dapat menolong usaha Anda untuk berkembang dan tumbuh
dengan lebih bagus. Anda pun akan kehilangan peluang besar dalam membuat
penganut dan konsumen setia setia, membuat kesadaran merk Anda, tingkatkan
pemasaran repeat konsumen, dan menggerakkan kampanye pemasaran yang semakin
sukses.
Tanpa diakui, sekarang telah banyak pelaku bisnis kecil yang
menjadi seorang konten pemasaran karena ada internet dan media sosial. Bila
sekarang ini Anda telah membuat content dan turut serta pembicaraan untuk
menolong membuat merek Anda, itu maknanya Anda telah 1/2 jalan.
Bila rupanya Anda pernah mencicip podcast, YouTube, IGTV,
e-book atau infografis, Anda telah lebih eksper dari yang Anda kenali. Namun,
kemungkinan Anda belum mengaplikasikan taktik yang kompak, sasaran yang
terarah, dan kalender editorial yang menolong Anda agar semakin stabil dan
pakar dalam konten pemasaran. Kenapa tidak pelajarinya selanjutnya?
Kenyataannya, lebih dari 90% pelaku bisnis sekarang telah
memakai konten pemasaran dalam memperkenalkan merek dan produk mereka ke
publik. Kapan Anda akan mengawalinya?
Bagaimana Langkah Ketahui Content Apa yang Harus Dibikin?
Bila sejauh ini Anda telah ada di 1/2 jalan atau telah
mengawali tetapi masih merasa meraba- raba, sekarang waktunya untuk beberapa
langkah semakin maju. Anda harus ketahui tipe content apa yang perlu Anda
bikin.
Untuk tiap kampanye yang hendak Anda kerjakan, seharusnya
ada 3 hal yang perlu Anda tetapkan :
- Topik
- Pola
- Basis
tahap selanjutnya, untuk jawab pertanyaan ini, Anda harus
cari tahu selanjutnya. Bagaimana triknya, yakni dengan dengarkan (Listen), Ask (Menanyakan),
dan Rencana (Berencana).
Cara 1 : Listen
Anda perlu menyempatkan diri untuk dengarkan dan mencari
sasaran audience Anda saat sebelum bersaing. Cara #1, bermakna Anda mengeruk
lebih dalam dengan cari tahu hal yang paling diperlukan oleh sasaran audience
Anda.
Anda dapat lakukan penelitian kecil- kecilan berkaitan
topik, pola, dan basis di saat tertentu, seperti siang hari atau malam hari.
Anda bisa juga lakukan cara #1 ini dengan mengirim blast e-mail atau pesan
WhatsApp ke sasaran audience Anda.
Beberapa daftar pertanyaan yang dapat menolong Anda :
- Apa hal yang sudah berjalan dengan baik untuk merek Saya
di periode lalu? Seperti apakah content dengan alterasi terbaik Saya?
- Pertanyaan seperti apakah yang dulu pernah ditanya awalnya
mengenai perusahaan saya?
- Tipe content / pola apakah yang konsumen saya gemari?
- Cara apa yang telah diambil oleh pesaing Saya?
- Topik apa yang memikat konsumen saya hingga mereka turut
serta dalam dialog?
- Pertanyaan apa yang konsumen sampaikan ke Saya langsung?
Panduan : Coba me- ulasan kembali balasan Anda pada e-mail
yang dikirim oleh konsumen. Lihat langkah mereka mengirimi pesan, dan wujud
situs pengangkutan.
Cara 2 : Ask
Ingin memperoleh sumber yang paling benar? Datangilah konsumen
Anda. Tidak perduli berapa sedikit atau banyak konsumen dan audience Anda
sekarang ini, pada mereka lah Anda dapat memperoleh gagasan baru yang berkaitan
untuk taktik konten pemasaran Anda.
Anda dapat bertanya langsung ke mereka beberapa hal yang
mereka gemari. Ini Anda kerjakan untuk memperoleh gagasan pola, topik, dan
basis terbaik sama sesuai versus konsumen Anda.
Hal menarik saat Anda coba bertanya ke konsumen Anda ialah
mereka akan berasa jika merek Anda memerhatikan mereka dan berasumsi jika opini
mereka bisa menjadi saran bernilai untuk merek Anda.
Cara 3 : Rencana
Sesudah dengarkan dan cari tahu selanjutnya, Anda sekarang
sudah memiliki pengetahuan yang lebih bagus berkaitan skema keperluan,
rutinitas, dan minat konsumen Anda. tahap selanjutnya, buat lah rencana untuk
taktik konten pemasaran Anda!
Misalkan saja Anda tuliskan gagasan dari tiap orang dalam
suatu sticky catatan. Selanjutnya tetapkan cara- langkah prospektif untuk
menyikapi pertanyaan- pertanyaan konsumen Anda, terhitung gagasan untuk
menyambungkan headline atau judul, wujud pola atau basis yang bagus.
Selanjutnya, siapkan kalender untuk mengagendakan eksekusi
gagasan content yang paling pantas Anda publisitas dan distribusikan.
Panduan: Anda dapat coba tools management project seperti
Trello dan konten pemasaran editorial online seperti Coschedule untuk
WordPress. Anda bisa juga manfaatkan Google Calender untuk memberikan Anda
reminder berkaitan agenda taktik konten pemasaran Anda.
Bagaimana Langkah Membuat Content yang Baik Walau Usaha Saya Tidak Demikian
Menarik?
Anda kemungkinan punyai kekhwatiran ini karena terlatih
berpikiran mengenai usaha Anda dari pemikiran yang serupa.
Tetapi, malah itu, taktik marketing content akan latih Anda
menjadi pelaku bisnis yang inovatif serta lebih out of the box dalam
menyaksikan usaha Anda dari beragam pemikiran. Apa yang paling diperlukan?
Kreativitas!
Kenyataannya, 47% dari pemasaran B2B sendiri mengutarakan
jika membuat content yang memikat sudah jadi rintangan tertentu buat mereka.
Dan berita baiknya, ini dapat dilatih.
Berikut ialah beberapa panduan yang bisa menolong Anda :
- Menjadikan Konten Pemasaran sebagai hal yang
membahagiakan, bukan penekanan atau desakan
- Bikinlah content yang betul- betul menolong orang- orang.
Janganlah lupa untuk lakukan penelitian supaya Anda mendaptkan gagasan baik
untuk sebuah content yang Anda harapkan
- Pakai content visual yang memikat dan interaktif
- Beri sentuhan individual untuk membuat hubungan merek
usaha Anda dengan konsumen Anda
- Bungkus content Anda dengan munculkan rasa terbatas.
Saya Bukan Orang yang Pakar dalam Menulis, Membuat Design,
dll. Bagaimana Supaya Saya Dapat Membuat itu Semua?
Untuk membuat content yang hampir prima di atas, Anda tidak
wajib melakukannya sendiri. Realitanya, beberapa orang yang tidak kuasai banyak
kemampuan sekalian. Berita baiknya, Anda dapat memperoleh bantuan dari beragam
sumber yang lain, seperti memakai trick, tools, atau bahkan juga jasa
freelancer/ outsources.
Bila Saya Telah Memiliki Content, Lantas Apa Seterusnya?
Bila awalnya Anda pernah jalankan kampanye digital, seperti
e-mail pemasaran dengan daftar subscriber yang cukup, karena itu maksimalkan
lah daftar subscriber itu.
Kebalikannya, bila Anda pemilik usaha kecil, karena itu Anda
perlu berusaha untuk menarik traffic dan lead sebagai sisi penting untuk usaha
Anda. Berikut ialah beberapa poin yang penting digarisbawahi :
- E-mail pemasaran masih efisien hingga kini, sebagai
referensi Anda bisa juga membaca : E-mail Pemasaran versus Social Media, Yang
mana Lebih Bagus untuk Mengangkat Pemasaran Anda?
- Bila Anda telah ada dalam tahapan berkembang, tidak ada
kelirunya untuk melakukan eksperimen dengan iklan berbayar. Dengan iklan
berbayar, keinginannya Anda dapat memperoleh suplai traffic dan lead yang
berkualitas.
- Tidak boleh remehkan network sebagai link untuk perkuat
usaha Anda di masa datang
- Tidak boleh sangsi untuk meminta kontribusi seseorang bila
memang Anda alami kesusahan dalam membentuk bisnis Anda. Ingat lah, segala hal
yang besar selalu diawali dari hal kecil yang diperkembangkan.