Trending

6 Point Penting Strategi Content Marketing untuk Brand dan Bisnis

6 Point Penting Strategi Content Marketing untuk Brand dan Bisnis

Poin Penting Strategi Konten Marketing


Poin Penting Strategi Konten Marketing - Dalam usaha digital, konten pemasaran adalah poin utama yang jangan lepas dari perhatian kita. Kenapa demikian? Apa sebetulnya konten pemasaran itu?

Bagaimana pemakaian konten pemasaran yang luar biasa dapat menolong seorang dalam meningkatkan usaha mereka? Diringkas dari beragam sumber dapat dipercaya, artikel ini akan mengulas selengkapnya mengenai dasar- dasar konten pemasaran dan segala hal yang penting Anda kenali mengenai konten pemasaran.

 

Konten Pemasaran, Nyawa Digital Pemasaran

Tanpa ketahui apakah itu konten pemasaran, Anda sebetulnya telah menyaksikan konten pemasaran dimana- mana. Misalkan saja di program, subscriptions, e-book, spanduk iklan digital, dan lain-lain.

Dapat disebut, konten pemasaran ialah nyawa dari sebuah kampanye promosi yang sudah dilakukan oleh beragam tipe dan ukuran usaha, baik itu usaha kecil, menengah, atau besar. Khususnya untuk Anda yang masuk ke usaha digital, konten pemasaran adalah akar penting yang harus Anda dalami.

Untuk menjawab rasa ingin ketahui Anda, berikut ialah beberapa pertanyaan yang kerap ada berkaitan konten pemasaran.

 

Apakah itu Konten Pemasaran?

Konten pemasaran ialah tehnik marketing dalam membuat dan membagikan content yan gbernilai, berkaitan, dan stabil untuk mengundang perhatian audience yang ditarget. Goal intinya ialah membawa konsumen untuk bertindak yang memberikan keuntungan merek atau perusahaan.

 

Apa yang Bukan Sisi dari Konten Pemasaran?

Beberapa ada yang berasumsi jika konten pemasaran terhitung sisi dari iklan tradisionil. Tetapi kenyataannya, anggapan ini salah besar.

Konten pemasaran bukan sisi dari iklan tradisionil yang hendak mengusik audience Anda, apa lagi minta mereka untuk beli. Tetapi, Anda dapat menyatukan konten pemasaran dengan marketing tradisionil sebagai rekanan kerja.

Pemakaian konten pemasaran akan menolong audience Anda untuk manfaatkan media website, sosial media, dan alat- alat lain sebagai anjuran untuk membagikan pesan Anda.

Penyatuan konten pemasaran langkah baru dan langkah lama yang bekerja secara bersama-sama bisa membuat perkembangan dan menyambungkan audience Anda ke sales funnel Anda. Ini akan membuat taktik marketing Anda makin kuat dan kuat.

 

Bagaimana Bila Saya Tidak Ingin Jadi Konten Marketing? Apa itu Sebuah Kewajiban?

Tidak, Anda tidak harus menginvestasikan energi dan waktu Anda ke taktik konten pemasaran.

Tetapi, benar-benar sayang bila Anda meremehkan kekuatan konten pemasaran yang dapat menolong usaha Anda untuk berkembang dan tumbuh dengan lebih bagus. Anda pun akan kehilangan peluang besar dalam membuat penganut dan konsumen setia setia, membuat kesadaran merk Anda, tingkatkan pemasaran repeat konsumen, dan menggerakkan kampanye pemasaran yang semakin sukses.

Tanpa diakui, sekarang telah banyak pelaku bisnis kecil yang menjadi seorang konten pemasaran karena ada internet dan media sosial. Bila sekarang ini Anda telah membuat content dan turut serta pembicaraan untuk menolong membuat merek Anda, itu maknanya Anda telah 1/2 jalan.

Bila rupanya Anda pernah mencicip podcast, YouTube, IGTV, e-book atau infografis, Anda telah lebih eksper dari yang Anda kenali. Namun, kemungkinan Anda belum mengaplikasikan taktik yang kompak, sasaran yang terarah, dan kalender editorial yang menolong Anda agar semakin stabil dan pakar dalam konten pemasaran. Kenapa tidak pelajarinya selanjutnya?

Kenyataannya, lebih dari 90% pelaku bisnis sekarang telah memakai konten pemasaran dalam memperkenalkan merek dan produk mereka ke publik. Kapan Anda akan mengawalinya?

 

Bagaimana Langkah Ketahui Content Apa yang Harus Dibikin?

 

Bila sejauh ini Anda telah ada di 1/2 jalan atau telah mengawali tetapi masih merasa meraba- raba, sekarang waktunya untuk beberapa langkah semakin maju. Anda harus ketahui tipe content apa yang perlu Anda bikin.

Untuk tiap kampanye yang hendak Anda kerjakan, seharusnya ada 3 hal yang perlu Anda tetapkan :

- Topik

- Pola

- Basis

tahap selanjutnya, untuk jawab pertanyaan ini, Anda harus cari tahu selanjutnya. Bagaimana triknya, yakni dengan dengarkan (Listen), Ask (Menanyakan), dan Rencana (Berencana).

 

Cara 1 : Listen

Anda perlu menyempatkan diri untuk dengarkan dan mencari sasaran audience Anda saat sebelum bersaing. Cara #1, bermakna Anda mengeruk lebih dalam dengan cari tahu hal yang paling diperlukan oleh sasaran audience Anda.

Anda dapat lakukan penelitian kecil- kecilan berkaitan topik, pola, dan basis di saat tertentu, seperti siang hari atau malam hari. Anda bisa juga lakukan cara #1 ini dengan mengirim blast e-mail atau pesan WhatsApp ke sasaran audience Anda.

Beberapa daftar pertanyaan yang dapat menolong Anda :

- Apa hal yang sudah berjalan dengan baik untuk merek Saya di periode lalu? Seperti apakah content dengan alterasi terbaik Saya?

- Pertanyaan seperti apakah yang dulu pernah ditanya awalnya mengenai perusahaan saya?

- Tipe content / pola apakah yang konsumen saya gemari?

- Cara apa yang telah diambil oleh pesaing Saya?

- Topik apa yang memikat konsumen saya hingga mereka turut serta dalam dialog?

- Pertanyaan apa yang konsumen sampaikan ke Saya langsung?

Panduan : Coba me- ulasan kembali balasan Anda pada e-mail yang dikirim oleh konsumen. Lihat langkah mereka mengirimi pesan, dan wujud situs pengangkutan.

 

Cara 2 : Ask

Ingin memperoleh sumber yang paling benar? Datangilah konsumen Anda. Tidak perduli berapa sedikit atau banyak konsumen dan audience Anda sekarang ini, pada mereka lah Anda dapat memperoleh gagasan baru yang berkaitan untuk taktik konten pemasaran Anda.

Anda dapat bertanya langsung ke mereka beberapa hal yang mereka gemari. Ini Anda kerjakan untuk memperoleh gagasan pola, topik, dan basis terbaik sama sesuai versus konsumen Anda.

Hal menarik saat Anda coba bertanya ke konsumen Anda ialah mereka akan berasa jika merek Anda memerhatikan mereka dan berasumsi jika opini mereka bisa menjadi saran bernilai untuk merek Anda.

 

Cara 3 : Rencana

Sesudah dengarkan dan cari tahu selanjutnya, Anda sekarang sudah memiliki pengetahuan yang lebih bagus berkaitan skema keperluan, rutinitas, dan minat konsumen Anda. tahap selanjutnya, buat lah rencana untuk taktik konten pemasaran Anda!

Misalkan saja Anda tuliskan gagasan dari tiap orang dalam suatu sticky catatan. Selanjutnya tetapkan cara- langkah prospektif untuk menyikapi pertanyaan- pertanyaan konsumen Anda, terhitung gagasan untuk menyambungkan headline atau judul, wujud pola atau basis yang bagus.

Selanjutnya, siapkan kalender untuk mengagendakan eksekusi gagasan content yang paling pantas Anda publisitas dan distribusikan.

Panduan: Anda dapat coba tools management project seperti Trello dan konten pemasaran editorial online seperti Coschedule untuk WordPress. Anda bisa juga manfaatkan Google Calender untuk memberikan Anda reminder berkaitan agenda taktik konten pemasaran Anda.

 

Bagaimana Langkah Membuat Content yang Baik Walau Usaha Saya Tidak Demikian Menarik?

Anda kemungkinan punyai kekhwatiran ini karena terlatih berpikiran mengenai usaha Anda dari pemikiran yang serupa.

Tetapi, malah itu, taktik marketing content akan latih Anda menjadi pelaku bisnis yang inovatif serta lebih out of the box dalam menyaksikan usaha Anda dari beragam pemikiran. Apa yang paling diperlukan? Kreativitas!

Kenyataannya, 47% dari pemasaran B2B sendiri mengutarakan jika membuat content yang memikat sudah jadi rintangan tertentu buat mereka. Dan berita baiknya, ini dapat dilatih.

Berikut ialah beberapa panduan yang bisa menolong Anda :

- Menjadikan Konten Pemasaran sebagai hal yang membahagiakan, bukan penekanan atau desakan

- Bikinlah content yang betul- betul menolong orang- orang. Janganlah lupa untuk lakukan penelitian supaya Anda mendaptkan gagasan baik untuk sebuah content yang Anda harapkan

- Pakai content visual yang memikat dan interaktif

- Beri sentuhan individual untuk membuat hubungan merek usaha Anda dengan konsumen Anda

- Bungkus content Anda dengan munculkan rasa terbatas.

Saya Bukan Orang yang Pakar dalam Menulis, Membuat Design, dll. Bagaimana Supaya Saya Dapat Membuat itu Semua?

Untuk membuat content yang hampir prima di atas, Anda tidak wajib melakukannya sendiri. Realitanya, beberapa orang yang tidak kuasai banyak kemampuan sekalian. Berita baiknya, Anda dapat memperoleh bantuan dari beragam sumber yang lain, seperti memakai trick, tools, atau bahkan juga jasa freelancer/ outsources.

 

Bila Saya Telah Memiliki Content, Lantas Apa Seterusnya?

Bila awalnya Anda pernah jalankan kampanye digital, seperti e-mail pemasaran dengan daftar subscriber yang cukup, karena itu maksimalkan lah daftar subscriber itu.

Kebalikannya, bila Anda pemilik usaha kecil, karena itu Anda perlu berusaha untuk menarik traffic dan lead sebagai sisi penting untuk usaha Anda. Berikut ialah beberapa poin yang penting digarisbawahi :

- E-mail pemasaran masih efisien hingga kini, sebagai referensi Anda bisa juga membaca : E-mail Pemasaran versus Social Media, Yang mana Lebih Bagus untuk Mengangkat Pemasaran Anda?

- Bila Anda telah ada dalam tahapan berkembang, tidak ada kelirunya untuk melakukan eksperimen dengan iklan berbayar. Dengan iklan berbayar, keinginannya Anda dapat memperoleh suplai traffic dan lead yang berkualitas.

- Tidak boleh remehkan network sebagai link untuk perkuat usaha Anda di masa datang

- Tidak boleh sangsi untuk meminta kontribusi seseorang bila memang Anda alami kesusahan dalam membentuk bisnis Anda. Ingat lah, segala hal yang besar selalu diawali dari hal kecil yang diperkembangkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak