Trending

Apa itu TLD (Top Level Domain) : Pengertian, Jenis TLD dan Kegunaan

Apa itu TLD (Top Level Domain) : Pengertian, Jenis TLD dan Kegunaan

Pengertian apa itu top level domain


Pengertian apa itu top level domain - Saat pikirkan mengenai web professional, penyeleksian TLD (Hebat Tingkat Domain) tentu tidak lepas dari pemikiran. Pemakaian TLD semata-mata bukan lantaran gengsi saja, tetapi sekalian usaha untuk membuat branding lewat cara online. Inilah langkah pertama penting dalam digital pemasaran.

TLD sendiri sebagai sisi akhirnya sebuah domain. Seperti.com pada belajar seo dan.go.id pada situs kemendikbud.co.id. Pemakaian perpanjangan ini pasti disamakan dengan arah dan peranan setiap web.

Nach, ini kali Panda akan selengkapnya membahas mengenai apakah itu TLD, tipe dan manfaatnya. Yok kita baca bersama- sama!

 

Apakah itu TLD (Hebat Tingkat Domain)?

Pemahaman dari Hebat Tingkat Domain (TLD) ialah sisi akhir nama domain yang berada selesai pertanda titik atau "dot" paling akhir pada domain. Karena top-level domain ini ada di sisi akhir nama domain, ini kita mengenal bernama domain suffix.

Seperti yang dulu pernah Panda bahas awalnya mengenai apakah itu domain, nama domain ini sendiri dipisah jadi tiga tingkat :

- Subdomain (Third-level domain), sebagai sisi alamat web yang terletak pada bagian depan atau kiri.

- Second-level domain (SLD), yang disebut nama dari domain tersebut, terletak di sisi tengah.

- Hebat tingkat domain, sebagai perpanjangan dari domain yang terletak pada bagian akhir atau paling kanan nama domain.

Sebagai deskripsi, coba lihat berikut :

TLD sendiri terdiri dari 2 kelompok yang lain, yakni Country-Specific Hebat Tingkat Domain dan General Hebat Tingkat Domain.

General TLD sebagai perpanjangan domain yang biasa tanpa analisis lokasi. Dan Country-Specific TLD ialah domain yang tampilkan identitas negara dan mengidentifikasikan jika content diperuntukkan untuk warga dari negara itu.

The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) telah melaunching lebih dari 2000 TLD semenjak tahun 2014. Jumlah ini akan semakin bersamaan bertambahnya pemakaian web yang makin bervariatif.

Untuk menyaksikan urutan lengkap TLD yang dulu pernah ada, Anda bisa berkunjung web Internet Assigned Number Authority (IANA). IANA Sebagai salah satunya cabang ICANN yang bekerja menyambungkan TLD dengan IP Address.

 

Peranan dan Manfaat TLD

Pada umumnya, domain berperan sebagai identitas web. Untuk perkuat identitas itu, penting untuk pelaku bisnis pilih TLD yang akurat. Masalahnya otomatis TLD dapat memvisualisasikan mengenai peranan dan arah sebuah web.

Misalkan saja pemakaian domain.edu yang memvisualisasikan jika web ialah punya lembaga pengajaran. Atau domain.go.id yang memvisualisasikan situs punya pemerintahan Indonesia.

Dari beberapa opsi, TLD terpopuler ialah.com. Perpanjangan domain ini sudah dipakai lebih dari 40% dari banyak domain yang tercatat di internet.

 

Mengenali Tipe- tipe TLD (Hebat Tingkat Domain)

Saat memulai usaha lewat cara online, sangat penting untuk pilih perpanjangan domain yang pas sesuai usaha yang kita lakukan. Tipe- tipe TLD juga sebetulnya cukup bermacam, seperti gTLD, ccTLD, NgTLD, sTLD, dan lain-lain.

Walau demikian, minimal ada empat tipe TLD yang terpopuler dan kerap dipakai :

 

1. Generic Hebat Tingkat Domain (gTLD)

Sama dengan namanya, gTLD ialah tipe TLD yang umum dan siapa pun dapat memakainya. Berikut contoh-contoh TLD yang terkenal :

 

-.com : untuk web komersial dan dapat untuk beragam arah.

-.org : untuk organisasi.

-.net : untuk jaringan (network), tetapi bisa juga dipakai perusahaan online sampai proyek individu..

-.bix : untuk usaha.

-.informasi : untuk situs berkaitan info.

-.edu : untuk instansi pengajaran.

-.co : untuk sebuah perusahaan.

-.biz : untuk nama perusahaan.

 

Selainnya gTLD yang telah umum di atas, ada pula gTLD khusus yang karakternya lebih fleksibel. Perpanjangan ini dapat berbentuk merk atau produk populer, misalnya :

 

-.google

-.android

-.basketball

-.motorcycle

 

2. Country Kode TopLevel Domain (ccTLD)

Country Kode TLD ialah tipe TLD yang memberikan code ISO lokasi atau daerah pada domainnya. Code ISO ini sendiri sebagai code dua huruf sebagai identitas dari satu negara atau daerah.

Beberapa ccTLD ini diantaranya :

 

-.cn China

-.de Jerman

-.eu Uni Eropa

-.es Spanyol

-.fr Prancis

-.in India

-.id Indonesia

-.jp Jepang

-.us Amerika Serikat

-.uk Inggris

 

Pemakaian tipe TLD ini pas bila Anda ingin menarget audience detil dari negara tertentu. Misalkan saat sasaran Audience Anda cuma datang dari Indonesia, karena itu Anda dapat memakai domain.id.

 

3. Sponsored Top-Level Domain (sTLD)

sTLD ialah tipe generic top-level domain yang sering dipakai oleh organisasi private atau khusus. Pemakai umumnya ingin mendaftar websitenya memakai TLD ini karena terlilit dengan ketentuan tertentu.

Contoh dari sTLD ini diantaranya :

 

-.gov - untuk situs pemerintah AS

-.edu - untuk lembaga pengajaran

-.mil - untuk militer AS

-.int - untuk maksud yang berkaitan dengan organisasi kesepakatan internasional

-.mobi - untuk web produk dan jasa mobile

-.jobs - untuk organisasi atau perusahaan hukum

-.tel - untuk website service komunikasi internet

-.travel - untuk situs perjalanan/ travel

-.post - untuk situs service pos

-.asia - untuk web yang ada di daerah Asia-Pasifik

 

4. Infrastructure Top-level Domain

Infrastructure Top-level Domain sekarang ini cuma terdiri dari 1 perpanjangan domain saja, yakni ARPA. ARPA (Address and Routing Patokan Tempat) ialah domain yang IANA siapkan untuk IETF ( Internet Engineering Task Force) dengan arah mengurus rumor tehnis infrastruktur.

Karena benar-benar tehnis, cuma web tertentu saja lah yang memakai perpanjangan.arpa untuk situs mereka.

 

Langkah Pilih Perpanjangan Domain yang Pas untuk Web

Secara singkat, TLD atau Hebat Tingkat Domain ialah akhiran dari sebuah nama domain. Tiap TLD dapat mengenali arah dari situs, serta lokasi geografisnya.

Sesudah mengenali apakah itu TLD dan tipe- macamnya, tentukan perpanjangan domain yang pas untuk web jadi lebih gampang. Walau demikian, ada banyak panduan tambahan yang penting Anda aplikasikan ketika menentukan nama domain yang akurat.

Minimal ada 13 panduan yang dapat Anda aplikasikan untuk pilih nama yang pas untuk web Anda. Anda bisa membacanya di artikel Panda : 13+ Panduan Pilih Nama Domain yang Baik dan Pas untuk Web.

Mudah-mudahan berguna ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak