Trending

Cara Mudah Menghubungkan Domain dan Server Hosting

Cara Mudah Menghubungkan Domain dan Server Hosting

Cara Mudah Menghubungkan Domain dan Server


Cara Mudah Menghubungkan Domain dan Server - Menyambungkan domain ke server hosting ialah cara seterusnya yang kita kerjakan sesudah sukses beli domain. Cara ini dikatakan sebagai penataan domain di DNS atau komposisi DNS (Domain Name Server).

Ada saatnya webmaster beli domain dan hosting di lokasi yang berbeda- berbeda. Tidak jadi masalah, karena penggabungan ke-2 nya masih tetap gampang dilaksanakan lewat name server.

Nach di artikel ini kali, Panda akan secara eksklusif mengulas mengenai langkah mengaitkan nama domain ke server hosting. Silahkan kita baca selanjutnya!

 

Syarat Menyambungkan Domain ke Hosting

Saat sebelum kita awali langkah- jalannya, ada banyak hal yang penting kita kenali dan lihat terlebih dahulu. Hal itu, yakni :

 

1. Telah Memiliki Nama Domain

Yakinkan nama domain Anda siap. Umumnya orang memburu artikel langkah menyambungkan domain dan hosting sesudah mereka usai beli domain. Maksudnya pasti, menyangkutkan ke-2 nya supaya web dapat live.

 

2. Telah Memiliki Account Situs Hosting

Situs Hosting ialah sebuah tempat di mana semua file dan data web disimpan, dapat dijangkau dan diatur lewat koneksi internet. File dan data web ini mencakup script, program, database, gambar, e-mail, dan video.

Hosting nanti akan memuat file- file web yang hendak dijangkau lewat nama domain barusan. Tentu saja, Anda harus pastikan telah lakukan komposisi yang pas supaya ke-2 nya bisa tersambung.

Hosting kita pakai secara mekanisme sewa, yakni bayar ke perusahaan provider hosting. Ada beberapa tipe- tipe hosting yang menjadi opsi kita. Baik itu hosting terbaik Indonesia, atau luar negeri.

 

Langkah Arahkan Domain ke Nameserver Hosting

Menyambungkan domain ke server hosting memang hal tehnis. Tetapi yakinlah, ini lumayan gampang dilaksanakan. Pada dasarnya, tahap nya juga cuma terdiri ke dua, yakni :

- Mengganti DNS (Domain Name Server) di domain untuk ke arah situs hosting.

- Mempersiapkan situs hosting menjadi ‘rumah' untuk domain Anda.

Baca lebih detilnya berikut ya :

 

A. Cari Tahu Nameserver Hosting Situs

Saat sebelum arahkan nama domain, langkah awal ialah sudah tahu nameserver yang dipakai situs hosting. Langkah paling mudah untuk memperoleh info ini ialah di e-mail yang hosting kirimkan pertama kalinya mendaftarkan.

Langkah gampang ke-2 untuk mendapati nameserver dengan terhubung Klien Tempat dari situs hosting. Di penataan hosting Hawkhost.com misalkan, Anda dapat melihat server nama domain pada bagian Klien Tempat > My Products dan Serviss > Product Detils.

Bila kesusahan untuk mendapatinya, Anda bisa juga minta kontribusi service hosting untuk memperoleh info.

Taruh dan tulis terlebih dahulu data nameserver ini. Anda perlu untuk mengopinya di komposisi DNS kelak.

 

B. Mengganti DNS/ Name Server di Domain supaya Ke arah Situs Hosting

Sesudah memiliki domain, Anda dapat masuk ke web penyuplai nama domain untuk menyaksikan info domain Anda. Di sini Anda akan cari feature untuk atur atau mengganti nameserver domain Anda.

Secara umum tiap domain dapat memiliki penempatan menu yang berbeda- berbeda ya. Maknanya, di provider yang Anda pakai, bisa saja memiliki penampilan yang lain dari gambar contoh sebagai rekomendasi Panda ini.

Untuk perumpamaan ini Panda memakai penyuplai domain Name.com.

Arah dari cara ini sendiri untuk memberitahu domain supaya ke arah service situs hosting yang Anda pakai. Simpelnya, mengganti DNS atau Name Server (NS) dari domain supaya saat orang- orang terhubung domain, mereka dapat terhubung informasi data di server hosting.

Seterusnya, turuti langkah- cara berikut :

- Masuk ke sisi Domain Saya atau Domain Manajer.

- Tentukan domain yang hendak Anda ganti penataan name server nya. Langsung bisa click di nama domain atau contreng di kotak nama domain, dan tap Manage/ Mengatur.

- Di menu Domain, dapatkan sub menu Nameserver, dan click ‘Manage Nameserver'

- Ubah nameserver dan up-date sama sesuai name server di penyuplai service hosting

- Tentukan Up-date atau Taruh.

 

C. Komposisi Hosting untuk Domain Ke-2 di Web (Add-On Domain)

Bila domain yang Anda seting ini ialah domain ke-2 , alias bukan domain khusus, karena itu memerlukan komposisi tambahan di service situs hosting. Addon Domain ini sendieir ini berarti domain baru yang dipertambah ke hosting dan memiliki Uniform Resource Locator (URL) yang lain dari domain khusus.

Ide dari Addon Domain ini sendiri ialah mendatangkan multiple domain atau web dalam account situs hosting yang serupa. Pemakaian resource (ruang dan bandwidth) dari domain addon akan share dengan domain khusus.

Berikut cara kelanjutan bila Anda arahkan addon domain ke hosting :

- Login ke cPanel situs hosting dengan account Anda.

- Sesudah sukses login, mencari sub menu Addon Domain di bawah menu Domain, atau Ctrl+F dan tulis Addon Domain

- Isi nama domain yang hendak Anda sambungkan ke hosting, dan untuk dokumen root, dapat berisi /public_html/namadomainbaru. WARNING, janganlah sampai cuma isi /public_html ya, karena ini akan menerpa data domain khusus Anda.

- Sesudah semua field berisi, tap Add Domain.

 

Sesudah sukses menambah addon domain, Anda akan menyaksikan domain ini ada di daftar Addon Domain seperti pada gambar berikut :

 

Usai! Lumayan gampang, kan?

 

Propagasi Domain Memerlukan Waktu

Telah sukses arahkan nameserver sesuai info di hosting, kok web belum juga dapat live? Sabar, tidak boleh cemas. Propagasi domain memang memerlukan waktu.

Propagasi domain maknanya saat yang domain perlukan untuk terhubung dengan server hosting sesudah proses komposisi barusan. Secara standar, propagasi domain memerlukan waktu 1×24 jam atau 1×48 jam.

Walau demikian, di sejumlah provider domain dan hosting, proses ini dapat dalam perhitungan kurang dari 6 jam.

 

Ringkasan

Walau arahkan domain ke server situs hosting ini termasuk panduan tehnis, tetapi sebetulnya lumayan gampang untuk kita praktikkan. Kuncinya cuma dua, telah memiliki data nameserver hosting, dan lakukan komposisi nameserver di penyuplai domain.

Nameserver di hosting ini juga relatif benar-benar gampang diketemukan. Bila tidak memperoleh info ini di e-mail, Anda dapat mengaksesnya dari panel hosting atau Klien Tempat. Tetapi bila tetap tidak mendapatinya (ini jarang terjadi), Anda dapat minta kontribusi layanan konsumen dari provider hosting Anda.

Bila komposisi domain ini untuk domain ke-2 dan sebagainya, alias addon domain, untuk di satu hosting, yakinkan Anda ikuti tahap C di panduan di atas. Kemudian, Anda tinggal menanti proses propagasi domain usai, dan taraaaa…. web Anda telah live dan siap untuk diatur selanjutnya.

Mudah-mudahan panduan Panda ini kali mengenai langkah menyambungkan nama domain ke server hosting berguna. Selamat mempraktikkan ya, genks! 🙂

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak