Trending

Apa itu SSL/ TLS? Mengapa Menjadi Perisai Penting untuk Website?

Apa itu SSL/ TLS? Mengapa Menjadi Perisai Penting untuk Website?

Apa itu SSL ?


Apa itu SSL ? - Untuk Anda pemilik web, istilah SSL atau Secure Soket Layer pasti bukanlah hal yang asing. Ditambah di zaman SEO saat ini, pemakaian SSL untuk web jadi makin penting.

SSL memiliki banyak faedah terselinap. Selainnya memperkuat keamanan web, SSL berpengaruh positif untuk optimisasi SEO

Karena keutamaan, di artikel ini kali, Panda akan membahas secara eksklusif mengenai apakah itu SSL/ TLS, langkah kerjanya, faedah dan kenapa penting untuk web memakai SSL.

 

Pemahaman SSL dan SSL Certificate (Sertifikat SSL)

SSL adalah bagian utama web yang memperantai ikatan aman di antara browser situs dengan pemakai. Dengan feature SSL, data transfer di web jadi lebih aman dan terenkripsi.

SSL jadi feature yang perlu untuk web. Karena tanpa memakai service ini, mulai Juli 2018 lalu Google Krom mulai menandai akses web tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Di dunia tehnologi, SSL ialah standard industri untuk komunikasi web yang aman dan membuat perlindungan juta-an transaksi bisnis online sehari-harinya. SSL bekerja amankan data transaksi bisnis kartu credit, data transfer, dan login.

Untuk dapat memakai jaringan SSL, situs server harus telah memiliki sertifikat SSL. Saat seorang aktifkan prosedur SSL di server situs mereka, mereka akan disuruh untuk jawab pertanyaan yang hendak membuat identitas mereka.

Sesudah sertifikat SSL sukses keluar, server situs akan membuat dua kunci kriptografi. Kunci itu ialah Privat Key dan Public Key. Seterusnya, bakal ada rumus enkripsi yang membuat jalinan aman di antara situs server dan browser pemakai.

 

Apa Perbedaannya SSL dan TLS?

Pertanyaan yang kerap ada, apa sich perbedaannya SSL dan TSL? Apa sama-sama?

TLS kepanjangan dari Transport Layer Security. TLS ialah prosedur kriptografi alternatif dari SSL yang direncanakan untuk memberi keamanan komunikasi lewat jaringan server

Pada intinya tehnologi SSL telah seutuhnya diganti oleh TLS untuk amankan privacy data. Walau demikian, beberapa orang telah terlampau akrab dengan SSL, hingga perusahaan ada banyak memakai istilah ini.

Walau sebenarnya, feature enkripsi yang sekarang ini disiapkan ialah TLS. Ke-2 nya memang bekerja amankan data transfer dalam web. Tetapi tehnologi TLS ialah tehnologi yang paling terkini dan up-grade dari SSL.

 

Langkah Kerja SSL/ TLS [/H2

SSL Certificate bekerja memakai Public Key Cryptography. Kriptografi ini bekerja manfaatkan kemampuan dua kunci yang disebut serangkaian panjang angka- angka yang dibuat secara random, berbentuk Public Key dan Privat Key.

Public Key bisa mengenali server dan akan ada di domain public. Key ini akan berperan untuk mengenkripsi file apa saja yang hendak Anda kirim.

Berlainan dengan Public Key, Privat Key akan mengamankan dan mengenkripsi data atau file apa saja yang hendak pemakai terima.

Disamping itu, SSL/ TLS memiliki sesi key untuk tiap secure sesi unik. Saat pengunjung menuliskan alamat URL yang sudah ditangkap SSL ke situs situs yang telah terlindung, browser dan situs server akan membuat jaringan.

Pemakai dapat mengenal web yang telah memakai SSL/ TLS dari ada icon kunci gembok atau bar hijau yang ada di atas browser. Saat di-click, icon ini akan memberitahukan jika jaringan pemakai aman dan browser memiliki sertifikat keamanan.

Dengan mekanisme keamanan ini, data- rata penting pemakai akan terenkripsi hingga tidak ada pelaku yang tidak bertanggung-jawab yang usaha memakai data- data itu secara ilegal.

 

Faedah SSL/ TLS untuk Sebuah Web

Ada beberapa faedah yang dapat kita dapatkan saat web memakai SSL/ TLS. Berikut ialah beberapa faedah pemakaian SSL/ TLS untuk web :

 

1. Amankan Proses Transfer Data di Web

Salah satunya faedah khusus memakai SSL/ TLS ialah enkripsi yang membuat data jadi lebih aman. Transisi data ini terjadi di antara computer Anda dengan pengunjung yang usaha berkunjung web yang terlindung dengan public key dan privat key.

Icon kunci gembok dan HTTPS menolong pengunjung berasa semakin aman saat bertandang ke web Anda.

 

2. Tingkatkan Rekam jejak Web

Saat web Anda masih memakai prosedur HTTP saja, Google akan berikan teguran Not Secure setiap pengunjung coba terhubung situs Anda.

Peringatan ini ada saat pengunjung isi data atau masukkan info peka, seperti data login, sandi, form, dan yang lain. Sukai atau mungkin tidak, Google ‘memaksa' pemilik web untuk mengenkripsi data yang ada dalam koneksi internet untuk keamanan.

 

3. Optimisasi SEO On Page

Seperti yang sebelumnya sempat Panda singgung di atas, SSL di web akan punya pengaruh positif pada kualitas SEO. Ditambah, semenjak 2014, algoritme Google otomatis mengutamakan web yang memakai SSL, dibanding yang tanpa SSL.

Google mengatakan bila situs dengan SSL/ TLS memiliki rangking yang lebih bagus dibanding yang tidak aktifkan SSL, walau telah mempertimbangkan semua factor yang serupa. Disamping itu sudah pasti, SSL dapat Anda pakai dengan gratis . Maka, kenapa tidak?

 

Langkah Memasangkan SSL/ TLS di Web WordPress

Untuk Anda pemakai WordPress, memasangkan SSL/ TLS dapat Anda kerjakan secara mudah. Triknya dengan memakai plugin Really Sederhana SSL.

Tetapi sudah pasti, awalnya Anda telah aktifkan SSL di provider hosting terlebih dahulu. Sesudah beli dan menginstal, ganti penataan SSL lewat dasbor WordPress.

Pada bagian dasbor WordPress Anda, membuka Seting > General. Scroll ke bawah dan dapatkan kolom WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) dan ganti HTTP ke HTTPS, Taruh.

Sesudah proses ini, janganlah lupa untuk simpan peralihan apa SSL dan HTTPS berperan secara baik atau memang belum.

 

Ringkasan

Sampai di tahapan ini, Panda percaya kita telah pahami apakah itu SSL (Secure Sokets Layer) dan TLS (Transport Layer Security) secara baik.

SSL menolong mengenkripsi semua data yang ditransfer dengan aman, hingga tidak disalahpergunakan oleh faksi ke-3 . Memakai SSL/ TLS menolong memaksimalkan web kita, dari segi rekam jejak ke pemakai dan SEO On Page di mesin perayap.

Banyak hosting terbaik yang sekarang telah memberikan dukungan free SSL/ TLS untuk pemakainya. Sama ini, tidak argumen tidak untuk memakai service ini kembali. Untuk tutorial selanjutnya, Anda bisa juga membaca artikel Panda mengenai bagaimana Langkah Gampang Memasangkan SSL/TLS HTTPS di Web.

Mudah-mudahan artikel ini berguna!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak