Trending

Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis- Jenis SSL untuk Mengamankan Website Anda

Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis- Jenis SSL untuk Mengamankan Website Anda

Jenis-jenis SSL


Jenis-jenis SSL - Sesudah pahami apakah itu SSL/ TLS dari artikel Panda, penting untuk mengenal apa tipe- tipe SSL. Tipe SSL/ TLS yang lain dapat tawarkan feature keamanan yang lain untuk web Anda.

SSL sendiri sebagai sisi integral dari cara keamanan web. Dengan aktifkan feature ini, web terlindung dan keyakinan dari audience akan bertambah. Sangat penting untuk memakai feature ini di web Anda.

 

Apakah itu SSL/ TLS?

SSL atau Secure Soket Layer ialah prosedur keamanan jaringan yang bekerja amankan keamanan web pada proses data transfer di antara pengunjung dan browser.

Service SSL ini penting untuk web karena memberi agunan keamanan untuk transaksi bisnis online. Dimulai dari membership yang memerlukan data- data personal, web dengan payment gateway dan internet banking.

Saat feature ini dipasang di web, URL akan beralih menjadi HTTPS. Dan URL web akan memiliki icon kunci gembok dari sisi alamat situsnya.

Lalu, bagaimana dengan TLS? Apakah beda SSL dan TLS?

SSL sebetulnya tidak dipakai benar-benar sekarang ini dan diganti dengan TLS. Walau demikian, istilah SSL telah telanjur terkenal. Orang- orang memakai istilah SSL untuk TLS yang sekarang dipakai.

TLS (Transport Layer Security) sendiri sebagai prosedur kriptografi yang memberi keamanan komunikasi yang lebih bagus lewat jaringan server. TLS ialah tehnologi keamanan dan terupgrade dari SSL. Dan TLS sekarang telah gantikan peranan SSL dalam soal keamanan privacy data.

 

Kenapa Web Perlu Memakai SSL/ TLS ?

Sama seperti yang Panda terangkan awalnya, SSL/ TLS ialah feature penting untuk melindungi website dari teror keamanan. Berikut alasan- argumen detil kenapa sebuah web penting untuk memakai SSL/ TLS :

 

1. Menghindar Perampokan Data

SSL/TLS lakukan enkripsi dalam data transfer peka. Dengan demikian, feature ini akan membuat perlindungan pemakai dari ada teror perampokan data. Tidak sembarangan orang dapat membaca data proses dari transfer di antara browser dan pengunjung.

 

2. Menghindar Salah Kirim Data

SSL/ TLS berperanan penting untuk authentication atau otentikasi. Maknanya, feature ini akan pastikan info atau data yang Anda kirimkan akan sampai ke server sama sesuai arah. Bukan justru mengirimi info ke faksi ke-3 yang tidak bertanggungjawab atau hacker.

 

3. Tingkatkan Rekam jejak Web

Website yang terinstall SSL/TLS, akan tampilkan bar kunci gembok dibarengi dengan https. Ini ialah tanda-tanda untuk pengunjung jika website yang mereka datangi aman.

Pemberitahuan ini adalah langkah tingkatkan rekam jejak web di mata pengunjung. Serta, tanpa SSL/TLS, calon pengunjung akan memperoleh peringatan saat mereka akan masuk ke web Anda. Google akan mengingatkan jika mereka akan masuk ke situs tidak aman.

Pemberitahuan ini pasti membuat calon pengunjung ragu- sangsi. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk bertandang ke situs lain.

 

4. Memaksimalkan Rangking Web

Google menyenangi web yang memiliki sertifikat SSL/ TLS. Karena web yang aman ialah agunan pengalaman pemakai yang maksimal. Bahkan juga secara lembut, Google sebetulnya menahan pemakainya untuk berkunjung web yang tidak memiliki sertifikat SSL/ TLS.

Dengan memperisai web Anda dengan SSL/ TLS, situs Anda semakin lebih ramah mesin perayap.

 

Tipe- tipe SSL/ TLS

Nach, ini ialah sisi yang paling ditunggu- kelak. Ketika akan memakai SSL di web Anda, pasti penting untuk mengenal apa tipe- tipe SSL/ TLS. Nanti, bila Anda memilih untuk beli SSL, Anda bisa memperoleh opsi yang sama sesuai :

 

1. Domain Validated SSL (DV SSL)

Tipe SSL/ TLS yang ini sering dipakai oleh entry tingkat, perseorangan, atau mereka yang memerlukan penerbitan sertifikat SSL yang gampang dan murah. Karena dalam klarifikasinya cuma memerlukan validasi domain dan e-mail saja, tipe sertifikat ini ialah yang terpopuler di kelompok blogger.

Syarat-syarat yang perlu dipunyai bila ingin mengaplikasikan sertifikat Domain Validate SSL diantaranya harus memiliki e-mail yang serupa dengan data domain di WHOIS.

Tetapi perlu kita kenali , DV SSL cuma akan tampilkan info jika web ialah web yang aman dan terenkripsi saja . Maka, SSL tipe ini tidak direferensikan untuk e-commerce.

DV SSL lebih pas untuk web testing atau situs intern usaha. Memakai sertifikat ini bermakna memberi info jika domain sudah aman dengan HTTPS dan kunci gembok warna hijau.

 

2. Organization Validated SSL (OV SSL)

Tipe SSL/ TLS yang ke-2 ialah Organization Validated SSL. Sama dengan namanya, SSL ini diperuntukkan untuk validasi organisasi, atau tubuh usaha yang ada di belakang nama domain tercatat.

Karena terkait dengan organisasi atau tubuh usaha, syarat dari SSL ini sedikit sulit. Anda perlu menyiapkan beberapa document simpatisan yang mengatakan validitas usaha atau organisasi, sesuai hukum negara, untuk proses klarifikasi OV.

Dengan sertifikat ini, website organisasi jadi lebih paling dipercaya untuk pengunjung.

 

3. Extended Validated SSL (EV SSL)

EV SSL sebagai standard validasi paling tinggi pada sebuah perusahaan atau organisasi. SSL ini ialah yang paling premium dan memiliki nilai gengsi tertentu untuk sebuah web.

Sertifikat EV memberikan dukungan semua tipe browser dan memiliki standard keamanan tertinggi sekarang ini. Penampilan di browser dengan sertifikat EV SSL diantaranya :

- Google Krom, tampilkan ikon kunci gembok, HTTPS, nama usaha, dan code negara dalam font hijau.

- Firefox memperlihatkan ikon kunci gembok, nama usaha, dan code negara dalam font hijau dan HTTPS.

- Microsoft Edge tampilkan ikon kunci gembok, nama usaha, dan code negara dalam font hijau dan HTTPS.

- Safari tampilkan ikon kunci gembok hijau / green bar dan nama usaha.

 

Karena memiliki sifat premium, ada beberapa syarat untuk dapat memakai sertifikat SSL tipe ini, diantaranya :

- Perusahaan harusnya jalan minimal dua tahun,

- Memiliki document perusahaan yang komplet,

- Alamat perusahaan terang dan terkonfirmasi, dan kelengkapan data simpatisan (misalkan bill listrik paling akhir perusahaan),

- KTP atau paspor pemilik perusahaan,

- Info WHOIS yang serupa bernama perusahaan,

- Registrasi profile perusahaan di website dirjen AHU (QR Kode) di web https://ahu.go.id

Karena syarat yang cukup kompleks, umumnya pemakai dari SSL ini ialah mereka yang memiliki tubuh usaha paling dipercaya, seperti CV, PT, dan Departemen Negara.

 

4. Wildcard SSL Certificates

Wildcard SSL Certificates ialah tipe sertifikat SSL untuk amankan domain dasar dan subdomain tak terbatas. Beli tipe sertifikat ini lebih gampang dibanding harus beli beberapa sertifikat domain tunggal.

Wildcard SSL ada untuk pembelian sertifikat Wildcard IV atau sertifikat SSL DV. Sertifikat ini memiliki pertanda bintang * sebagai sisi dari nama khusus. Pertanda bintang ini sendiri sebagai representasi subdomain yang benar dengan domain pangkalan yang serupa.

Sebagai contoh, nama khusus ialah *.belajar seo. Karena itu sertifikat SSL ini dapat terpasang untuk membership.belajar seo, daftar.belajar seo, dan lain-lain.

 

5. Multi-Domain SSL Certificates

Multi-Domain SSL Certificates ialah tipe sertifikat SSL yang dapat amankan sampai 100 nama domain dan subdomain yang lain memakai satu sertifikat. Dengan demikian, pemakaian sertifikat ini semakin lebih irit waktu dan uang.

Dengan sertifikat ini, Anda memiliki kendalian atas Subject Alternatif Name (SAN) untuk menambahkan, mengganti, dan hapus SAN yang dibutuhkan. Berikut contoh-contoh nama domain yang dapat mendapat keamanan cukup dengan satu sertifikat SSL Multi-Domain :

- www.domain.com

- www.domain.in

- www.domain.org

- domain.com

- checkout.domain.com

- mail.domain.com

- secure.exampledomain.org

- www.web.com

- www.example.co.uk

 

Langkah Memasangkan Sertifikat SSL/ TLS

Anda kemungkinan dapat beli SSL/ TLS sendiri atau mendapatkannya dengan gratis lewat service hosting Anda. Untuk dapat terinstal di web Anda, ada langkah-langkah yang perlu Anda kerjakan.

Dimulai dari membuat Privat Key, membuat tanda-tangan sertifikat, sampai mengeluarkan sertifikat itu. Sesudah sertifikat itu, cara penting setelah itu memasangkannya di web Anda, dan memadukan dengan HTTPS.

Agar semakin selengkapnya, Anda dapat membaca artikel Panda mengenai tutorial langkah memasangkan SSL/ TLS di web.

 

Ringkasan

SSL/ TLS ialah feature penting yang perlu berada di web sekarang ini. Dengan kedatangan sertifikat SSL di web, situs akan jadi lebih ramah pemakai. Pemakai merasakan aman sudah berkunjung web yang membuat perlindungan data privacy mereka.

Di mata Google, pelindungan pada akses pengunjung berharga positif. Tersebut kenapa SSL/ TLS sebagai salah satunya point utama dalam optimisasi SEO On Page. Gunakanlah SSL/ TLS, dan Google akan mengganjar website Anda dengan kekuatan rangking yang lebih bagus pada hasil penelusuran.

Maka siap untuk memakai SSL/ TLS di web Anda? Tidak boleh menunda kembali yaa…

Mudah-mudahan artikel Panda ini berguna untuk pembaca 🙂

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak